Rabu, 19 Oktober 2011

data flow analysis

DEFINISI :
ANALISIS ALIRAN DATA adalah analisis yang dilakukan untuk mempelajari pemanfaatan data pada setiap aktifitas. Menampilkan hasil pengamatan dalam apa yang disebut ‘Data Flow Diagram’ (DFD) atau diagram alir data.
DATA FLOW ANALYSIS adalah Metoda untuk melacak gerakan berbagai jenis informasi melalui sistem komputer, terutama dalam hubungan sekurity dan kontrol yang diterapkan untuk memastikan integritas informasi.
Penentuan kualitas atau mutu suatu perangkat lunak mutlak diperlukan. Kualitas suatu perangkat lunak dapat dinyatakan baik bila telah sesuai dengan requirement pengguna tanpa mengabaikan segi strukturalnya. Dengan tidak mengabaikan fungsional program, uji coba struktural juga harus dilakukan karena uji coba fungsional tak mampu menangani hal-hal yang berhubungan dengan struktural program.. Uji coba fungsional tidak dapat menentukan apakah dieksekusi selama pengujian akan tersembunyi dalam package program dan bila didalamnya terdapat kesalahan maka kesalahan tersebut akan tersembunyi dalam jangka waktu tertentu.
Tahap analisis dilakukan setelah tahap perencanaan sistem dan sebelum tahap desain sistem. Dapat dilakukan dengan 2 cara :
1. Analisis terstruktur (structured analysis)
2. Analisis aliran data (data flow analysis)

Data-flow analisis
Data-flow analisis adalah sebuah teknik untuk mengumpulkan informasi tentang kemungkinan set nilai-nilai dihitung pada berbagai titik dalam sebuah program komputer . Sebuah program flow control grafik (CFG) digunakan untuk menentukan bagian-bagian dari sebuah program untuk mana suatu nilai tertentu yang diberikan ke variabel mungkin merambat. Informasi yang dikumpulkan sering digunakan oleh kompiler ketika mengoptimalkan program. Contoh kanonik dari analisis aliran data mencapai definisi .

KEUNTUNGAN ANALISIS ALIRAN DATA :
•notasi yang dipergunakan sederhana, mudah dimengerti sekalipun oleh orang awam;
•usulan untuk modifikasi diagram agar dicapai keakurasian yang tinggi dalam aktifitas bisnis dapat dilakukan;
•mudah dikoreksi sebelum proses perancangan ,karenadapat dikaji rinci/ditelusuri
•memberikan kemungkinan untuk mengisolasi daerah kajian yang diminati secara khusus
memberikan fasilitas penjabaran diagram berdasarkan tingkat pengamatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar